Sabtu, 27 Juli 2019

Trik Gampang Memblokir Wifi Tertentu di PC Anda




Trik Gampang Memblokir Wifi Tertentu di PC Anda


Apa itu wifi ?, semua orang pasti tidak asing lagi mendengar kata ini. WiFi adalah teknologi yang digunakan untuk melakukan pertukaran data secara nirkabel (dengan memanfaatkan gelombang radio) melalui suatu jaringan komputer. Saat ini, hampir di setiap tempat umum yang kita tinggali sudah menyediakan fasilitas WiFi. Oleh karena itu, WiFi telah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang, baik itu untuk anak-anak sampai orang dewasa sekalipun.

Agar bisa menikmati WiFi, kita membutuhkan perangkat elektronik seperti smartphone,komputer, tablet dan perangkat lainnya. Saat Anda ingin menikmati fasilitas WiFi dengan menggunakan komputer sangatlah mudah. Anda tinggal mengaktifkan menu WiFi yang terdapat di bagian taskbar. Selain itu, akan muncul semua daftar nama WiFi yang tersedia dalam jangkauan area Anda saat itu.

Akan tetapi, dengan hadirnya daftar nama atau SSID WiFi yang cukup banyak membuat sebagian orang menjadi bingung untuk meilih WiFi yang tetap dan sesuai yang diinginkan. Untuk mengakses jaringan WiFi di Windows, Anda tinggal memilih icon WiFi yang ada di bagian menu taskbar.

Trik Gampang Memblokir Wifi Tertentu di PC


Namun, apabila Anda kesulitan dalam mencari nama WiFi yang diinginkan, Anda hanya perlu memblokir nama WiFi tertentu karena bisa jadi nama WiFi yang Anda inginkan tidak terscan secara otomatis karena banyaknya nama WiFi yang ada di perangkat komputer Windows. Disini, Anda dapat memanfaatkan Command Prompt atau CMD untuk menjalankan perintah blokir WiFi seperti berikut ini.

  1. Silakan Anda jalankan Command Prompt di komputer Anda sebagai “Run as administrator”. Jika Anda belum tahu caranya, Anda tinggal klik kana pada program CMD lalu pilih opsi “Run as administrator”.
  2. Lalu Anda ketikkan perintah berikut di CMD untuk memblokir WiFi. Misalnya, disini saya akan memblokir WiFi dengan nama atau SSID “puja kerang ajaib ululuululu”. Maka isi SSID sesuai dengan nama WiFi tersebut. Lalu, tekan Enter.
  3. Jika perintah ini berhasil dieksekusi, maka SSID WiFi yang Anda inginkan sudah diblock sehingga Anda tidak bisa lagi melihatnya di daftar WiFi yang terhubung saat itu.
  4. Sampai disini, Anda sudah berhasil dalam memblokir WiFi tertentu di Windows. Namun perlu Anda ingat bahwa perintah memblokir tersebut tidak bersifat permanen sehingga Anda masih bisa mengembalikannya (unblock) nama WiFi tersebut dengan langkah-langkah seperti berikut ini. Cara juga masih sama, yaitu dengan menggunakan Command Prompt atau CMD sebagai Administrator.
  5. Untuk dapat melihat kembali daftar WiFi yang sudah Anda block, maka ketikkan perintah seperti ini.
  6. Untuk memberikan akses izin pada WiFi yang pernah Anda block sebelumnya bisa menggunakan perintah ini lalu tekan Enter.

Kesimpulan


Demikian yang dapat Anda bagikan tentang Trik gampang memblokir wifi tertentu di PC. Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.
Disqus Comments