Jumat, 26 Juli 2019

Kelebihan dan Kekurangan dari Google Chrome




Kelebihan dan Kekurangan dari Google Chrome


Setiap komputer atau laptop pasti menggunakan Chrome, tapi tahukah Anda chrome mempunyai kelebihan dan kekurangan. Chrome merupakan sebuah browser yang dikembangkan oleh perusahaan Google. Software yang satu ini bisa dibilang salah satu peramban web paling populer baik di PC maupun smartphone. Mungkin kalian bertanya-tanya, memangnya apa keistimewaan dari aplikasi yang satu ini? Nah,untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan kelebihan dan kekurangan dari google chrome berikut ini.

Kelebihan dan Kekuranagn Google Chrome Yang Perlu Anda Ketahui


Untuk memberikan user experience yang baik, Google selalu berusaha menghadirkan layanan serta fitur terbaik pada software ciptaannya. Begitu juga dengan Chrome ini, ia dikembangkan dan dibekali dengan berbagai fitur yang mampui untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Tampilan yang Minimalis dan Sederhana

Jika kalian perhatikan, interface dari Google Chrome ini sangatlah sederhana. Tidak banyak hal yang neko-neko ataupun berlebihan disana. Hal ini malah menjadi kelebihan karena tentu akan lebih mudah digunakan. Karena tampilan yang minimalis maka user tidak akan kebingungan ketika mencari fitur-fitur penting yang ada disana. Tampilan menu yang dibuat sedemikian rupa dimaksudkan agar pengguna bisa menggunakannya dengan mudah. Jadi kesederhanaan bukanlah suatu kekurangan, tapi malah jadi kelebihannya.

Banyak Add Ons Gratis yang Menarik

Apa itu Add Ons? Ini merupakan sebuah fitur tambahan yang bisa kalian tambahkan ke chrome. Misal saja fitur untuk mengganti tampilan chrome atau terjemahan otomatis. Kalian bisa mencari fitur-fitur lain yang tersedia secara lengkap. Add Ons akan membuat chrome kalian memiliki fitur yang lebih lengkap.

Ringan dan Membutuhkan Lebih Sedikit RAM

Bagi perangkat dengan spesifikasi rendah, pastilah mencari software yang hemat resources. Jika suatu aplikasi memakan terlalu banyak resources pastilah ia akan berat ketika dijalankan di perangkat low end. Namun tidak dengan Google Chrome, ia merupakan sebuah browser yang didesain khusus agar hanya mengkonsumsi sedikit resources perangkat saja. Akibatnya mereka yang memiliki spesifikasi rendah pun bisa menjalankan chrome dengan lancar. Tak heran jika ia digadang-gadang sebagai salah satu browser teringan saat ini.

Dapat Memunculkan Saran Keyword

Selain sudah terintegrasi dengan Google search, chrome juga memiliki fitur untuk menampilkan saran keyword. Dalam artian ia bisa memprediksi apa kata yang akan kalian ketikan di search bar. Misal saja kalian mengetikkan kata ‘tekno’, maka dibawahnya akan muncul saran-saran seperti ‘teknologi’ dsb. Ini tentu akan lebih praktis dan memudahkan para penggunanya yang tidak perlu mengetik sampai selesai.

Terhubung Dengan Google Search Engine

Karena Chrome sendiri juga merupakan hasil pengembangan dari Google, tentu ia sudah terintegrasi dengan search engine mereka. Dengan begitu kita bisa lebih mudah jika ingin mencari suatu informasi di internet. Kita tidak perlu masuk ke halaman pencarian google ketika ingin mencari sesuatu. Kalian hanya harus mengetikkan kata kuncinya saja maka Chrome bisa langsung mencarikannya dengan Google search engine.

Fitur Terjemah yang Perlu Ditingkatkan

Jika kalian suka menjelajah website yang menggunakan bahasa asing, tentu memerlukan fitur terjemahan dong. Ini akan memudahkan kalian untuk memahami bahasa yang mungkin tidak kalian kuasai. Di Chrome sendiri sebenarnya sudah ada fitur untuk melakukan translate, namun sayang hasilnya masih belum maksimal.

Dapat Terhubung Dengan IDM

Jika kalian merupakan seorang downloader, tentu menginginkan proses download yang cepat dan mudah dong. Chrome bisa mengabulkan hal itu karena ia mampu terintegrasi dengan IDM alias Internet Download Manager. Dengan begitu, ketika kalian memulai proses download maka IDM akan langsung langsung mendeteksinya. Nah ini akan membuat proses unduhan menjadi lebih cepat selesai dan tentunya hemat waktu.

Bug yang Kadang Mengganggu

Sebuah software tidak akan pernah lepas dari yang namanya bugs. Oleh karena itulah developers selalu berusaha memberikan update untuk memperbaiki bug dan error yang terjadi. Pada chrome sendiri kadang kala juga masih terjadi error yang bisa mengganggu kegiatan berselancar di internet. Namun tidak terlalu sering dan masih bisa ditoleransi. Akan tetapi tentu bug-bug tersebut harus cepat diatasi agar tidak menimbulkan masalah lain.

Kesimpulan


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Google Chrome, dimana diatas kita sudah mengetahui sederet kelebihan yang dimiliki oleh Google Chrome. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.
Disqus Comments