Rabu, 29 Mei 2019

Ketahuilah, Jenis-Jenis Sistem Keamanan pada Jaringan Komputer




Ketahuilah, Jenis-Jenis Sistem Keamanan pada Jaringan Komputer


Keamanan sebuah jaringan komputer sangatlah, diperlukan karena untuk menghindari berbagai macam serangan baik itu oleh para hacker maupun cracker. Bukan hanya dari hacker atau cracker saja, ternyata serangan tersebut juga dapat berasal dari lingkungan sekitar kita. Maka dari itu bagi para administrator jaringan harus teliti dalam memilih jenis sistem keamanan yang di gunakan.

Perlu Anda ketahui bahwa setiap komputer yang terhubung ke jaringan memiliki ancaman keamanan yang lebih besar dibandingkan dengan komputer yang tidak terhubung ke mana-mana. Namun, dengan adanya network security, resiko ini dapat dikurangi. Tapi, biasanya network security akan bertentangan dengan network acces. Karena apabila network acces semakin mudah, maka network security akan semakin rawan.

Jenis-Jenis Sistem Keamanan pada Jaringan Komputer

Keamanan Fisik

Jenis keamanan sistem jaringan komputer yang pertama yaitu keamanan fisik, jenis keamanan ini lebih ditekankan pada hardware atau perangkat keras. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi hardware supaya tetap dalam kondisi yang prima agar dapat digunakan untuk melakukan operasi pada jaringan.

Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan ini lebih bertipe ke abstrak. Kenapa abstrak? Karena jenis keamanan ini dilakukan oleh benda yang tidak kelihatan atau tidak kasat mata, baik itu menggunakan software maupun perintah tertentu. Contoh keamanan jaringan yang satu ini yaitu dengan menggunakan proxy maupun firewall untuk melakukan filter pada user yang ingin menggunakan jaringan.

Otorisasi Akses

Jenis keamanan jaringan Otorisasi Akses merupakan sebuah keamanan jaringan dengan penggunaan password atau kata sandi apabila kita ingin mengakses sesuatu pada sebuahjaringan. Hal tersebut dilakukan supaya administrator dapat memastikan hanya user tertentu saja yang dapat mengakses sebuah jaringan.

Proteksi Virus

Virus merupakan salah satu metode penyerangan pada sistem komputer dengan menggunakan sebuah program yang bisa merusak atau membuat sistem pada komputer menjadi kacau serta mengalami kerusakan. Untuk mengatasi serangan virus ini, kita dapat menggunakan atau menginstal software anti virus pada komputer serta selalu update dengan database terbaru.

Penanganan Bencana

Penanganan bencana ini merupakan langkah-langkah yang harus diambil apabila terjadi bencana alam yang mengakibatkan kerusakan dan kehilangan data-data penting pada sebuah sistem jaringan komputer. Perencanaan bencana ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada sistem dapat lebih cepat teratasi.

Kesimpulan


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Jenis-jenis sistem keamanan pada jaringan computer. Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.


Disqus Comments