Rabu, 29 Mei 2019

Cara Menggunakan Google Form dan Cara Mengakses Hasil Responden




Ketahuilah Cara Menggunakan Google Form dan Cara Mengakses Hasil Responden


Tahukah Anda apa itu google form ?, Google Form atau yang biasa di sebut dengan google formulir merupakan salah satu produk Google yang menyediakan layanan pembuatan formulir online dimana Anda bisa menggunakan layanan ini asalkan Anda sudah memiliki akun gmail. Jadi, Anda bisa nih memanfaatkan layanan formulir online dari Google ini untuk berbagai kebutuhan. Misalnya seperti mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, mengumpulkan informasi dan masih banyak lagi.

Google form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet loh. Dimana dengan spreadsheet ini, memungkinkan Anda untuk mengajukan berbagai pertanyaan, dan pengguna atau responden Anda juga dapat merespon dengan jawaban teks sederhana ataupun respon teks lebih lanjut. Anda juga bisa memilih pertanyaan baik itu pertanyaan pilihan ganda, jawaban singkat dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan Google Form dan Cara Mengakses Hasil Responden


Dengan adanya google form Anda bisa mendapatkan semua yang Anda butuhkan untuk mengumpulkan informasi dengan mudah, sebab Anda akan memperoleh hasilnya secara instan saat mereka masuk. Berikut cara menggunakan google form, antara lain :

  1. Langkah pertama, silahkan masuk ke Google Drive.
  2. Selanjutnya, pilih New atau Baru.
  3. Kemudian, pilih lainnya. Setelah itu, pilih Google Formulir.
  4. Berikutnya, tuliskan nama file pada bagian bawah URL. Nama File bisa berbeda dengan nama Form. Lalu Anda juga bisa mengisi deskripsi formulir.
  5. Pertanyaan bisa diikuti dengan pilihan jawaban dengan bentuk berupa esay singkat, esay paragraf, pilihan ganda (hanya satu jawaban benar), checkbox (bisa lebih dari satu jawaban benar), dropdown (hanya satu jawaban benar), liner scale dan juga multiple choice grid. Nah, untuk bentuk kuesioner disarankan menggunakan liner scale dan multiple choice grid. Dan Anda dapat memilih, apakah pertanyaan wajib diisi jawaban atau tidak pada Required.
  6. Langkah selanjutnya, atur siapa yang bisa mengakses Form ini.
  7. Setelah itu, Anda juga bisa menambahkan teman untuk melakukan pengubahan file, ataupun hanya melihat form saja. Klik pada titik tiga kebawah (More) di bagian kanan atas , lalu pilih Add Collaborators atau Tambahkan Kolaborator. Kemudian tambah email teman Anda.
  8. sesudah form selesai Anda susun. Maka form dapat ditampilkan dengan klik icon berbentuk mata sebelah kanan atas.
  9. Langkah terakhir, klik Senduntuk mengirimkan form kepada responden Anda dengan cara klik icon email, atau copy URL dengan cara klik icon.

Cara Mengunduh Jawaban Responden

  1. Pertama-tama, silahkan Anda buka kembali file Form. Klik pada Responses yang terletak di atas judul Form. Gulir kebawah untuk melihat informasi hasil kuesioner Anda.
  2. Selanjutnya, klik pada icon View Responses in Sheets. Lalu akan tampil windows dimana Anda harus memilih Create a New Spreadsheet, lalu klikCreate.
  3. Setelah itu, browser akan membuka tab baru dan Google Drive akan membuat file baru dengan format spreadsheet.

Kesi mpulan


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Cara menggunakan google form dan cara mengakses hasil responden. Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat.


Disqus Comments