Rabu, 29 Mei 2019

Komputer Sering Mati Sendiri? Ini dia cara mengatasinya




Komputer Sering Mati Sendiri? Ini dia cara mengatasinya


Komputer sering mati sendiri ?, Kejadian ini sudah menjadi hal biasa yang sering di jumpai. Banyak hal yang bisa kita lakukan lewat komputer. Namun penggunaan komputer yang terus-menerus akan bisa menyebabkan error pada komputer kita. Jadi, jika kalian menggunakan komputer menerus tanpa memperhatikan kondisi komputer atau laptop kalian, lama kelamaan komputer akan rusak atau error.

Salah satu masalah yang sering ditemui ketika terjadi kerusakaan adalah komputer sering mati dengan sendirinya. Biasanya untuk mematikan komputer kita harus melakukan proses shutdown, namun beda lagi dengan komputer yang mati sendiri.

Cara Mengatasi Komputer Yang Sering Mati Sendiri


Komputer yang mati secara tiba-tiba dapat mengakibatkan malfungsi pada hardaware ataupun software pada komputer. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer mati mendadak dan cara mengatasinya.

CPU Terlalu Panas

Hal yang paling sering menyebabkan komputer mati mendadak adalah karena CPU komputer yang terlalu panas. Hal ini bisa terjadi jika kalian menjalankan beberapa aplikasi sekaligus sedangkan CPU kalian tidak kuat untuk menjalankan semua program tersebut.

Hal inilah yang menyebabkan kerja CPU jadi semakin berat, dan akhirnya CPU akan menjadi lebih cepat panas karena banyak program yang dijalankan. CPU yang panas ini akan secara otomatis mengalami kegagalan fungsi yang mengakibatkan komputer mati secara mendadak tanpa kita inginkan.

Untuk mengatasi komputer mati medadak karena masalah ini kalian harus mengurangi beban dari omputer kalian jika komputer sudah panas. Kalian bisa menjalankan aplikasi satu per satu saja, jangan menjalankan aplikasi berat dan banyak aplikasi secara bersamaan yang dapat memberatkan kinerja komputer.

Atau kalian juga bisa menggunakan fan atau kipas ekstra untuk membantu proses pendinganan supaya lebih optimal dan lebih dingin. Kalian bisa menggunakan notebook cooler atau sejenisnya kepada komputer kalian.

Kelebihan atau Kekurangan Tegangan Listrik

Selain karena CPU yang terlalu panas, hal lain yang dapat menyebabkan komputer kalian mati sendiri adalah karena kelebihan atau kekurangan tegangan listrik. Masalah ini cukup sering dijumpai, karena terkadang PC membutuhkan daya yang cukup besar. Hal ini karena biasanya power supply pada komputer tidak mendapatkan daya dan tegangan yang diperlukan. Hal ini akan mengakibatkan komputer mati mendadak tanpa kita inginkan.

Untuk mengatasi komputer mati karena masalah ini kalian bisa menggunakan stabilizer eksternal untuk menyalakan komputer kalian. Stabilizer bisa membantu untuk menstabilkan aliran listrik dan jumlah tegangan / daya yang masuk kedalam power supply komputer kalian sehingga bisa mencegah komputer mati secara mendadak karena kekurangan atau kelebihan tegangan.

Kerusakan Pada Hardware

Kerusakan pada hardware juga sering kali menyebabkan komputer kalian menjadi sering mati sendiri, namun untuk masalah ini kadang sulit untuk dideteksi. Biasanya masalah RAM komputer merupakan hal yang menyebabkan komputer kalian sering mati sendiri. Kerusakan hadware ini bisa terjadi karena tidak cocok atau tidak kompatibel, atau mungkin karena proses penginstalan hardware yang salah sebelumnya dan menyebaban hardware jadi malfungsi.

Untuk mengatasi ini kalian harus menggunakan hardware yang kompatibel dan sesuai dengan spesifikasi dari komputer yang kalian miliki. Jangan memaksakan untuk menginstal aplikasi yang tidak kompatibel. Jika mungkin, kalian bisa selalu cek pemasangan socket hardware supaya tidak terjadi error saat komputer kalian digunakan.

Kerusakaan Pada Sistem Operasi

Selain karena kerusakan pada hardware, kerusakan pada software juga bisa menyebabkan komputer mati secara mendadak. Hal ini terjadi karena mungkin software yang ada, terutama sistem operasi yang corrupt. Corrupt ini bisa terjadi karena berbagai macam hal, contohnya adalah karena proses install software aplikasi yang tidak benar atau mungkin tidak kompatibel dengan komputer milik kalian.

Terkena Virus

Penyebab lain yang dapat menyebabkan komputer kalian sering mati mendadak adalah karena terkena virus. Biasanya virus yang menyebar pada komputer kalian ini sudah sangat parah sehingga bisa menyebabkan komputer menjadi lemot dan cepat panas, hal ini juga dapat menyebabkan komputer jadi sering mati sendiri.

Untuk mengatasi komputer yang mati karena virus, kita sebagai pengguna harus aware terhadap kondisi komputer kita. Kita harus menggunakan antivirus yang aman dan terperpcaya, selain itu lakukanlah update secara berkala untuk mencegah penyebaran virus.

Kesimpulan


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Cara mengatasi komputer yang sering mati sendiri. Semoga bermanfaat dan terima kasih
Disqus Comments